Hukum_Internasional

Construcción y Obras

25 pages
12 views

Please download to get full document.

View again

of 25
All materials on our website are shared by users. If you have any questions about copyright issues, please report us to resolve them. We are always happy to assist you.
Share
Description
Hukum_Internasional
Transcript
  HUKUM INTERNASIONAL DAN MEKANISME PENYELESAIAN SENGKETA INTERNASIONAL    Pengertian Hk. Internasional ialah keseluruhan kaedah dan asas yang mengatur hubungan atau persoalan yang melintasi batas negara antara: • negara dengan negara; • negara dengan subyek hukum lain bukan negara atau • subyek hukum bukan negara satu dengan negara lain  Hk. Dunia dan Hk. Internasional • Hukum Internasional didasarkan atas pikiran adanya masyarakat internasional yang terdiri atas sejumlah negara yang berdaulat dan merdeka dalam arti masing-masing berdiri sendiri yang satu tidak dibawah kekuasaan lain sehingga merupakan suatu tertib hukum koordinasi   antara anggota masyarakat internasional yang sederajat. • Hukum Dunia berpangkal pada dasar pikiran lain. Dipengaruhi analogi dengan Hukum Tata Negara ( constitusional law  ), hukum dunia merupakan semacam negara ( federas i) dunia yang meliputi semua negara di dunia ini. Negara dunia secara hirarki berdiri di atas negara-negara nasional. Tertib hukum dunia menurut konsep ini merupakan suatu tertib hukum subordinasi.  Hukum Internasonal Publik dan Hukum Internasional Privat • Hukum Perdata Internasional ialah keseluruhan kaedah dan asas hukum yang mengatur hubungan perdata yang melintasi batas negara atau hukum yang mengatur hubungan hukum perdata antara para pelaku hukum yang masing-masing tunduk pada hukum perdata (nasional) yang berlainan. • Sedangkan Hukum Internasional (publik) adalah keseluruhan kaidah dan asas hukum yang mengatur hubungan atau persoalan yang melintasi batas negara (hubungan internasional) yang bukan bersifat perdata. • Persamaannya adalah bahwa keduanya mengatur hubungan atau persoalan yang melintasi batas negara (internasional). Perbedaannya adalah sifat hukum atau persoalan yang diaturnya (obyeknya).  Hubungan Hukum Internasional dengan Hukum Nasional Teori Monisme    • Teori ini memandang bahwa hukum nasional dengan Hukum Internasional merupakan satu bagian dari satu sistem hukum yang lebih besar yaitu hukum pada umumnya. Artinya tidak dapat dipisahkan antara hukum nasional dengan Hukum Internasional. Pokok pikiran dari teori ini adalah :  – semua hukum merupakan satu kesatuan yang mempunyai kekuatan mengikat.  – Baik Hukum Internasional maupun hukum nasional tidak berbeda satu sama lain, karena memiliki subyek yang sama yaitu individu.
We Need Your Support
Thank you for visiting our website and your interest in our free products and services. We are nonprofit website to share and download documents. To the running of this website, we need your help to support us.

Thanks to everyone for your continued support.

No, Thanks
SAVE OUR EARTH

We need your sign to support Project to invent "SMART AND CONTROLLABLE REFLECTIVE BALLOONS" to cover the Sun and Save Our Earth.

More details...

Sign Now!

We are very appreciated for your Prompt Action!

x