OBLIGASI SYARIAH IJARAH DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi Kasus PT. Matahari Putra Prima Tbk.)

Please download to get full document.

View again

of 47
All materials on our website are shared by users. If you have any questions about copyright issues, please report us to resolve them. We are always happy to assist you.
Share
Description
OBLIGASI SYARIAH IJARAH DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi Kasus PT. Matahari Putra Prima Tbk.)
Transcript
  OBLIGASI SYARIAH IJARAH DALAM PERSPEKTIFHUKUM ISLAM(Studi Kasus PT. Matahari Putra Prima Tbk.) PROPOSAL SKRIPSI SKRIPSIDIAJUKAN KEPADA FAKULTAS SYARI’AHUNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTAUNTUK MEMENUHI SEBAGIAN DARI SYARAT-SYARATMEMPEROLEH GELAR SARJANA STRATA SATUDALAM ILMU HUKUM ISLAMDISUSUN OLEH : MUHAMMAD ARIS SAFI’I04380079PEMBIMBING :1. H. SYAFIQ M. HANAFI, M.Ag2. ABDUL MUGHITS, S.Ag., M.Ag MUAMALATFAKULTAS SYARI’AHUNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGAYOGYAKARTA2009  ABSTRAK Banyak perusahaan yang menggunakan pasar uang dan pasar modalsebagai sumber pembiayaan atau modal para pengusaha. Demikian jugamasyarakat yang mempunyai surplus dana semakin tertarik untuk menginvestasikan dananya melalui pasar modal atau pasar uang.Hal ini juga diikuti dengan berbagai instrument  atau securities yangditawarkan oleh Pasar modal, dan salah satunya adalah obligasi.Bagi umat Islam objek dalam melakukan usaha tidak bisa semata-mataterpusat dalam mencari keuntungan, akan tetapi lebih dari itu juga harus tidak bertentang dengan syariah. Untuk itu Lembaga Keuangan Syariah harus mampumengakomodir kebutuhan masyarakat tersebut harus sesuai dengan syari’ah.Maka dikeluarkanlah obligasi syariah, yaitu suatu surat berharga berjangkapanjang berdasarkan prinsip syari’ah dikeluarkan oleh emiten kepada pemegangobligasi syari’ah yang mewajibkan emiten untuk membayar pendapatan kepadapemegang obligasi syari’ah berupa bagi hasil/margin/  Fee serta membayarkembali dana obligasi pada saat jatuh tempo. Obligasi syariah ini terdiri dariobligasi syariah ijarah, mudharabah, wakalah dan kafalah. Dan dalam hal ini kamiakan meneliti tentang obligasi syariah ijarah yang berkembang saat ini.Obligasi syariah ijarah banyak digunakan atau dilaksanakan oleh parapelaku bisnis atau perusahaan-perusahaan besar, di antaranya adalah PT. MatahariPutra Prima Tbk.. Namun, apakah obligasi syari’ah ijarah yang ada saat ini sudahsesuai dengan kaidah-kaidah hukum muamalat atau hukum Islam yang ada. Danbagaimana obligasi syariah ijarah di PT. Matahari Putra Prima Tbk.Dilaksanakan, obligasi yang semula bertujuan guna mencari dana gunamembangun gedung. Akan tetapi malah digunakan untuk membyar sewa arealusaha.Penelitian ini merupakan penelitian pustaka ( library research ), denganpendekatan normatif yakni mengkaji data yang ada menggunakan analisiskualitatif melalui metode berfikir induksi maupun deduksi.kemudian dibahas dandinilai dengan kaidah-kaidah hukum Islam.Sehingga, dalam membahas masalah ini akan diperoleh kesimpulan bahwaobligasi syariah ijarah dalam pelaksanaannya harus sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang akad ijarah serta ketentuan tentang obligasi syariah ijarah. Demitercapai kemaslahatan bersama.ii         
Advertisement
Related Documents
View more...
We Need Your Support
Thank you for visiting our website and your interest in our free products and services. We are nonprofit website to share and download documents. To the running of this website, we need your help to support us.

Thanks to everyone for your continued support.

No, Thanks